Anti Bosan! Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Tips-Tips Menarik Sinau Sejarah

  • Aug 05, 2023
  • Nadiya Hasfur Musodik
  • BERITA

Batang, 15 Juli 2023 - Sejarah memegang peranan penting dalam membangun, meningkatkan serta menguatkan rasa nasionalisme dan rasa bangga di dalam jiwa masyarakat terhadap bangsa Indonesia. Melalui pembelajaran sejarah masyarakat dapat mengetahui mengapa, apa, bagaimana, dan dampak yang timbul dari peristiwa yang terjadi di masa lampau. Namun sayangnya minat masyarakat khususnya anak muda, generasi-generasi penerus bangsa terhadap eksplorasi sejarah sangat minim. 

“Sejarah membosankan, jadi gampang ngantuk” tutur salah satu pemuda karang taruna Dukuh Bunderan, Desa Plelen. 

Melalui program  Kuliah Kerja Nyata (KKN), Nadiya Hasfur Musodik (20) mahasiswa Universitas Diponegoro memberikan sosialisasi serta edukasi mengenai tips-tips menyenangkan belajar sejarah kepada generasi muda khususnya pemuda pemudi karang taruna agar senantiasa tertarik pada sejarah dan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di masa lampau tetap terkenang karena akan menjadi identitas bangsa Indonesia. Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah (JAS MERAH), pesan Bung Karno dalam salah satu pidatonya. Melalui hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan literasi para pemuda di desa. 

Pengertian sejarah dipaparkan sebagai materi pembuka dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi tersebut. Dilanjutkan dengan manfaat apa saja yang akan diperoleh ketika kita belajar sejarah. Tips-tips menyenangkan dalam belajar sejarah ditempatkan pada akhir materi sosialisasi dan edukasi sebagai penutup. Diskusi interaktif tak luput dilakukan dalam kegiatan tersebut. Terlihat bahwa para pemuda karang taruna dari Dukuh Bunderan, Desa Plelen, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang memiliki antusiasme yang tinggi. 

Tips-tips dalam belajar sejarah anti bosan yaitu:

  1. Belajar sejarah melalui museum. Kunjungan-kunjungan ke museum menjadi cara alternatif  dalam mendapatkan informasi cerita sejarah. Jalan-jalan keliling museum sembari mendengarkan tour guide menjelaskan sejarah atau informasi apa saja yang terkandung dalam koleksi museum menjadi salah satu cara menyenangkan dalam belajar sejarah.

  2. Belajar sejarah melalui film. Dewasa ini sudah banyak sutradara yang mengangkat kisah-kisah sejarah untuk dijadikan film. Hal ini sejalan dengan kebiasaan anak muda yang sangat suka menonton film, apalagi jika aktor yang memerankan tokoh-tokoh dalam film adalah aktor dan aktris favorit mereka. 

  3. Belajar sejarah melalui foto. Arsip-arsip foto tentu sangat menarik minat para fotografer, khususnya fotografer kalangan muda atau pemuda pemudi yang senang atau memiliki ketertarikan pada dunia foto. Selain dapat menganalisis makna dari foto, komposisi foto, atau lain-lainnya, foto-foto yang notabennya adalah foto lama dan sudah menjadi arsip memiliki keunikan tersendiri.