Perjalanan Membuka Jendela Dunia: Pentingnya Bahasa Inggris bagi Siswa Sekolah Dasar

  • Aug 13, 2023
  • Imamah Areta Dewati
  • BERITA

Plelen, Batang (04/08/2023). Generasi kedepan akan dipenuhi dengan adanya peluang dan tantang global. Maka dengan kemampuan berbahasa inggris tentu akan menjadi aset berharga bagi siswa dalam menghadapi tantang global ini. Menguasai Bahasa Inggris sejak dini, siswa akan memiliki landasan yang kuat untuk mengatasi berbagai situasi dan tuntutan dalam masyarakat terutama dalam masyarakat global. Pendidikan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar tidak hanya membahas mengenai pengajaran terkait tata bahasa dan kosa kata. Tetapi di era teknologi ini instansi pendidikan atau pihak terkait harus dapat melihat mengenai pembekalan siswa dengan alat pembelajaran yang siswa butuhkan untuk mempelajari Bahasa Inggris dengan akses yang lebih mudah. Dengan memahami pentingnya belajar Bahasa Inggris sejak dini, sekolah data memberikan kontribusi terhadap pembentukan generasi yang siap untuk menghadapi masa depan.

Adapun bentuk kontribusi dituangkan oleh salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro dengan program studi Bahasa Asing Terapan dalam program kerja: Edukasi tentang Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar. Program Kerja tersebut dilaksanakan dalam rangkaian KKN di tanggal 6 Juli sampai dengan 18 Agustus yang berlokasi di Desa Plelen Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Adapun program kerja dilaksanakan di SDN Plelen 01 yang mana program kerja tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus.

Dalam pelaksaan program kerja yang telah dirancang oleh mahasiswa KKN ini meliputi bagaimana pengedukasian terkait pentingnya belajar bahasa inggris yang mana ini merujuk pada pengenalan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, mengapa Bahasa Inggris penting untuk dipelajar. Selain itu mahasiswa KKN menjabarkan mengenai media apa saja yang dapat digunakan siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris seperti YouTube, Website, dan aplikasi lainnya yang dapat diakses secara gratis oleh siswa. Selain itu siswa juga diajarkan mengenai perkenalan diri dengan menggunakan Bahasa Inggris dan kegiatan ditutup dengan game yang dapat menarik perhatian siswa.

Dengan kegiatan yang dirancang secara interaktif oleh mahasiswa KKN ini menunjukan adanya ketertarikan yang tinggi terhadap informasi yang diberikan. Langkah ini dilakukan sebagai suatu kontribusi dalam menyiapkan generasi terkait kesiapan dalam menghadapi masa depan dengan pembekalan pentingnya penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.