DARURAT STUNTING! MAHASISWA KKN TIM II UNDIP LAKUKAN SOSIALISASIKAN GEMARIKAN “PENUHI GIZI CEGAH STUNTING”

  • Aug 04, 2023
  • Twiki Husnu Indrazora
  • BERITA

Batang (14/7/2023) - "GEMARIKAN" atau Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan merupakan program nasional dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang baik bagi kesehatan.

Pada Kecamatan Gringsing permasalahan stunting masih menjadi permasalahan yang masih dalam penanganan. Pada Desa Plelen sendiri masih terdapat beberapa anak yang mengalami stunting. Oleh karena itu sosialisasi “GEMARIKAN” dilakukan guna mengajak masyarakat untuk mengonsumsi ikan guna meningkatkan gizi masyarakat dalam upaya pencegahan stunting.

Ikan merupakan sumber nutrisi dan protein yang baik. Selain itu, ikan merupakan sumber protein yang mudah didapat dan relatif murah dibandingkan dengan daging. Ikan mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, lemak dan mineral. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi ikan sejak dini. Salah satu kandungan penting yang sangat bermanfaat untuk mengonsumsi ikan adalah protein dan omega 3. Manfaat makan ikan adalah kandungan gizinya yang membantu mendorong perkembangan otak, tulang dan mencegah resiko penyakit kronis. Dengan demikian Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro mengajak dan mensosialisasikan gemar makan ikan kepada warga desa plelen. 

Melalui sosialiasi “GEMARIKAN” yang dilaksanakan oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro pada Jumat, 14 Juli 2023 diharapkan mampu meningkatkan minat konsumsi ikan yang aman dan sehat bagi masyarakat desa plelen khususnya anak-anak untuk pencegahan stunting. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di posyandu di desa plelen.

Sosialisasi dilakukan secara langsung yakni mandatangi posyandu di desa plelen dan memberikan pemahaman kepada ibu-ibu yang memiliki anak yang masih berusia 6 bulan - 2 tahun dengan melakukan pemaparan melalui poster dan memberikan leaflet berisi informasi pentingnya mengonsumsi ikan, kandungan gizi ikan, dan manfaat mengonsumsi ikan dalam pencegahan stunting.