DIGITALISASI DESA! Optimalisasi Website Desa sebagai sumber Informasi masyarakat dalam mewujudkan Pelayanan Desa yang efektif dan efisien

  • Aug 09, 2023
  • Hafiizh Sufi Anbiya
  • BERITA

Batang ( 25/07/2023) , Selama dua minggu, TIM II KKN Undip yang berlokasi di Desa Plelen melakukan optimalisasi terhadap penggunaan website desa. Digitalisasi tidak dapat kita tolak di zaman ini, Globalisasi terus menyebar dengan adanya sistem transfer informasi yang sangat cepat. Hitungan menit informasi dapat dikirim dari tempat ke tempat.

            Pelayanan publik berbasis digital salah satunya yaitu website desa, menjadi wadah sumber informasi bagi warga untuk mendapatkan pelayanan yang efisien. Tata Kelola pemerintahan yang cepat dan tanggap merupakan cita-cita seluruh masyarakat Indonesia. Website desa digunakan oleh pemerintahan desa untuk melayani masyarakatnya agar setiap urusan permasalahan administrasi dapat diselesaikan dengan efektif. Selain itu website desa juga dapat menjadi ruang aspirasi bagi Masyarakat dalam menyampaikan ide,gagasan, pendapat hingga kritik.

            Website desa memberikan kemudahan bagi masyarakat terkait pelayanan pemerintah. Informasi terkait data desa, pelayanan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana merupakan hal yang dasar dan wajib di miliki oleh setiap desa. Informasi tadi wajib berada terpublikasi di website desa. Komentar terkait website desa menurut salah satu perangkat desa peleln

            “ Website desa ini diperbaharui informasinya biasanya hanya saat ada bimtek dan pelatihan dari kabupaten saja, selain itu kekurangan sumber daya manusia juga menjadi hambatan dalam menghidupkan website desa”

            TIM KKN 2 Undip tahun 2023 melakukan pembaharuan informasi serta fitur pelayanan yang ada di website Desa Plelen. Tidak adanya admin yang mengurus website desa karena keterbatasan sumber daya manusia, menjadikan website Desa Plelen tidak digunakan sejak 2019. TIM KKN 2 Undip Tahun 2023 memperbaharui informasi dasar pada website Desa Plelen seperti Informasi Geografis, Demografi, Sejarah Desa, Visi dan Misi, Struktur organisasi pemerintah, Lembaga Desa, Struktur Desa dan Produk hukum.

            Supaya pembaharuan informasi website desa terus berkelanjutan. Kami TIM KKN 2 Undip memberikan tutorial terkait Langkah-langkah dalam menambahkan informasi seperti berita, agenda dan pengumuman pada website Desa Plelen.

Harapan kedepannya website Desa Plelen dapat di Kelola seterusnya dan menghadirkan informasi-informasi terbaru untuk masyarakat Desa Plelen. Luaran program ini menghasilkan video tutorial terkait bagaimana mengisi dan menambahkan fitur yang ada di website Desa Plelen. Pembaharuan website desa juga harapannya dapat berdampak kepada masyarakat yang menjadi target transparansi dari kegiatan yang sedang dilakukan oleh pemerintah Desa.