Generasi Gemar Menabung"Membangun Jiwa Kidspreneur Sejak Usia Dini"

  • Aug 12, 2023
  • Diana Apristyanugraheni
  • BERITA

Plelen, Batang (04/08/2023). Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro melakukan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) dengan program yang bernama “Edukasi Gemar Menabung Sejak Dini untuk Siswa Kelas empat (4) SD Negeri Plelen 01”. Kegiatan ini akan dilakukan dengan cara melakukan edukasi mengenai manfaat menabung, tips menabung, dan contoh usaha yang sesuai untuk kidspreneur.

Kegiatan KKN ini dilaksanakan di Desa Plelen, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang pada tanggal 6 Juli hingga 18 Agustus. Desa Plelen adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten Batang sendiri merupakan salah satu kabupaten di wilayah pesisir utara Pulau Jawa. Anak-anak SD diberikan pengetahuan mengenai cara menabung dan contoh usaha yang dapat dilakukan oleh seorang anak, sehingga program kerja ini diharapkan dapat memberikan pemahaman ataupun pengetahuan baru.

Program kerja edukasi gemar menabung sejak dini ini bertujuan untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan keuangan yang esensial untuk kehidupan mereka ke depan. Melalui program ini, para siswa diharapkan dapat membentuk kebiasaan menabung yang baik sejak usia dini. Selain itu, edukasi ini akan membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan perencanaan keuangan, mengurangi perilaku boros, dan memahami pentingnya keamanan finansial. 

 Edukasi gemar menabung sejak dini kepada siswa SD Negeri Plelen 01 dilaksanakan pada tanggal 04 Agustus 2023. Dengan adanya program kerja gemar menabung sejak dini, siswa akan lebih terlatih untuk mengelola keuangan mereka sendiri. Mereka akan belajar untuk menyimpan uang mereka dengan bijaksana dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan keuangan mereka sendiri, sehingga menjadi lebih mandiri secara finansial di masa depan. Selain itu, siswa akan cenderung mengurangi perilaku boros dan lebih bijaksana dalam menggunakan uang mereka. Dengan demikian, program kerja ini diharapkan dapat melatih anak untuk menjadi lebih aware terhadap pengelolaan keuangan dan memberikan cara untuk anak-anak mendapat penghasilan melalui kidspreneur.