INGIN HASIL BUDIDAYA LELE MENINGKAT? INGAT PROBIOTIK RABAL CLASSIC

  • Aug 06, 2023
  • Twiki Husnu Indrazora
  • BERITA

Batang (1/8/2023) – Probiotik Rabal Classic (PRC) adalah suatu produk hasil pengolahan yang memanfaatkan bakteri baik. Produk ini dapat bermanfaat bagi pelaku budidaya lele. Probiotik Rabal Classic (PRC) memiliki banyak manfaat bagi lele.

Desa Plelen terdapat beberapa pelaku budidaya lele. Beberapa kolam lele tersebut dalam kondisi yang berlumut. Lumut tersebut dapat memengaruhi perkembangan pertumbuhan lele. Oleh karena itu, pembersihan kolam ikan dilakukan guna untuk meningkatkan produktivitas budidaya lele.

Masyarakat mengeluhkan beberapa hal yang berkaitan dengan pembesaran lele. Hal ini seperti tentang semakin mahalnya pakan yang digunakan dalam budidaya lele. Oleh itu, perlunya masyarakat untuk mengetahui dan memahami apa itu Probiotik Rabal Classic (PRC) untuk ikan yang berfungsi sebagai vitamin dan antibody ikan agar tidak gampang mati, meningkatkan bobot ikan, menghilangkan bau air kolam serta menunjukkan hasil panen yang lebih maksimal. Biaya yang digunakan untuk pembuatan Probiotik Rabal Classic (PRC) ini terjangkau.

Melalui pembersihan kolam ikan dan sosialisasi pembuatan Probiotik Rabal Classic (PRC) oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro pada Selasa, 1 Agustus 2023 diharapkan dapat meningkatkan jumlah produktivitas budidaya lele yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan langsung kepada pemilik kolam lele yang berada di desa plelen.

Sosialisasi dilakukan secara langsung yaitu mandatangi pemilik kolam lele di desa plelen. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu pembersihan kolam yang dilanjutkan dengan sosialisasi menggunakan poster dan pembuatan Probiotik Rabal Classic (PRC).