Kandang Bersih dan Ternak Sehat Berkat Pendampingan Sanitasi Kandang oleh Mahasiwa KKN UNDIP

  • Aug 05, 2023
  • Zulkhi Izulhaq
  • BERITA

Batang (1/8) TIM II Mahasiswa KKN UNDIP melakukan pendampingan melakukan sanitasi kandang kambing di Desa Plelen. Kandang Kambing yang ada di Desa Plelen kebanyakan masih menggunakan model kandang tradisional. Kandang tradisional tersebut kebersihannya kurang diperhatikan, sehingga dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan mengganggu kesehatan ternaknya. Berdasarkan hal tersebut dilakukan pemberian materi tentang sanitasi, pembuatan desinfeksi dan pendampingan sanitasi terhadap peternak kambing yang ada di Desa Plelen. 

Kandang adalah suatu tempat atau bangunan yang diperuntukkan untuk tempat tinggal ternak. Hal ini dikarenakan sebagian besar proses pemeliharaan berada didalam kandang. Pada pemeliharaan secara intensif, hewan peliharaan bahkan terus menerus berada didalam kandang. Kandang yang dibiarkan  begitu saja tanpa diperhatikan kebersihannya maka tidak akan menghasilkan produk yang baik, maka dari itu perlu dilakukan sanitasi. 

Sanitasi merupakan upaya dalam mewujudkan kesehatan pada ternak dengan melakukan kegiatan pembersihan seperti menggunakan desinfektan. Sanitasi kandang sebaiknya dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan kandang. Sanitasi dapat menjamin ternak lebih sehat, sebab lingkungan yang kotor dapat memancing bibit penyakit. Sanitasi yang paling sering dilakukan peternak adalah dengan desinfeksi/ penyemprotan kandang menggunakan desinfektan. Pendampingan oleh mahasiswa KKN UNDIP dilakukan untuk mengenalkan kepada peternak kambing di Desa Plelen mengenai cara pembuatan desinfektan dan sanitasi yang benar. Cara yang paling praktis bila dilakukan dalam usaha sanitasi kandang biasanya dilakukan dengan pembersihan kandang secara rutin dan desinfeksi menggunakan desinfektan. Dengan asumsi desinfektan tersebut akan membunuh bibit penyakit di kandang atau lingkungan kandang.

Pendampingan sanitasi dan pembuatan desinfeksi oleh mahasiswa KKN UNDIP berjalan lancar dan mendapat sambutan baik oleh peternak kambing di Desa Plelen karena memberikan pengetahuan baru terkait upaya menjaga kebersihan kandang. Melalui kegiatan tersebut diharapkan peternak dapat lebih memperhatikan kondisi kebrsihan kandangnya karena hal tersebut dapat mempengaruhi produktivitas dari ternaknya.