Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Ajak Perangkat Desa Aktifkan Website Desa

  • Aug 12, 2023
  • Adinda Zenniar
  • BERITA

Batang (09/08/23). "Saya ingin Website Desa itu aktif menampilkan kegiatan-kegiatan Desa sebagai implementasi dari Dana Desa", ujar Kepala Desa Plelen kepada mahasiswa KKN Universitas Diponegoro. Adinda, mahasiswa IT dari Undip melihat peluang itu sebagai kesempatan untuk mengaktifkan kembali website Desa Plelen. Menurutnya, website desa penting untuk tetap up to date dengan apa yang terjadi di lapangan agar masyarakat tahu kegiatan-kegiatan apa saja yang ada di Desa Plelen. 

Bekerja sama dengan mahasiswa Ilmu Pemerintahan, Hafiizh, mereka mulai melengkapi informasi seputar Desa Plelen seperti kondisi geografis, demografis, struktur organisasi, lembaga desa, perangkat desa, visi misi desa, sejarah desa, dan galeri desa. Informasi-informasi tersebut penting untuk diketahui oleh mereka yang akan berkunjung ke Desa Plelen, sekaligus memperkenalkan Desa Plelen sebagai salah satu Desa di Kecamatan Gringsing. Kolom berita pada website pun kini mulai aktif sehingga website terlihat hidup.

Tak ingin hanya berhenti di KKN saja, Adinda juga memberikan pelatihan kepada perangkat desa pada 9 Agustus 2023 di Balai Desa Plelen. Pelatihan tersebut mulai dari bagaimana mengakses dashboard website desa, bagaimana mengubah isi halaman, dan bagaimana menambahkan, mengedit, serta menghapus berita. Adinda juga membuat video tutorial pengoperasian dashboard website desa. Pak Urip selaku admin website sangat berterima kasih atas bantuan Adinda dan Hafiizh dalam menghidupkan kembali website Desa Plelen. Harapannya, dengan adanya pelatihan ke perangkat desa dan video tutorial, website Desa Plelen ini bisa terus hidup walaupun KKN Undip sudah berakhir nantinya.