MARI CEGAH DAN TANGGULANGI STUNTING SEJAK DINI! Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Program “Pentingnya Minum Susu” Sebagai Upaya Mencegah Stunting Pada Anak

  • Aug 05, 2023
  • Zulkhi Izulhaq
  • BERITA

Batang (14/7) TIM II Mahasiswa KKN UNDIP berkesempatan melakukan sosialisasi mengenai Pencegahan Stunting anak kepada Ibu-ibu yang hadir dalam Posyandu di setiap Dusun di Desa Plelen.  Berdasarkan data yang diperoleh dari Desa Plelen tahun 2023 bahwa masih terdapat kasus anak stunting sebanyak 7 orang yang harus mendapatkan perhatian lebih, baik dari pemerintah ataupun masyarakat sekitar.

Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.  Salah satu upaya pencegahan stunting dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan protein serta mengkonsumsi asupan protein hewani yang berkualitas seperti susu sapi yang dapat menjadi cara preventif untuk mencegah gangguan tumbuh kembang anak. Salah satu materi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut adalah “Pentingnya Minum Susu” sebagai upaya pemenuhan gizi seimbang pada anak untuk mencegah Stunting. 

Susu merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh setiap orang karena baik untuk tubuh, susu mengandung asam amino esensial yang menjadi asupan penting dalam masa pertumbuhan. Asam amino esensial dalam susu ini dinilai dapat mencegah terjadinya Stunting dan meningkatkan kecerdasan otak anak.   Adapun komposisi atau kandungan gizi dari susu meliputi protein, lemak, laktosa, vitamin dan enzim, potassium, zat besi, tirosine, kalsium, magnesium, iodium, dan seng. Konsumsi susu secara teratur dapat bermanfaat bagi tumbuh kembang anakn antara lain untuk menunjang tumbuh kembang anak, menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekuatan otot dan fungsi otak serta meningkatkan kekebalan tubuh. Melalui presentasi singkat, mahasiswa menyampaikan pentingnya susu bagi pertumbuhan anak dan kandungan nutrisi yang terdapat pada susu.

Setelah penyampaian materi “Pentingnya Minum Susu”, mahasiswa juga memberikan leaflet materi kepada partisipan yang hadir dan membagikan susu kotak UHT 125ml kepada anak-anak yang hadir dalam posyandu tersebut yang sudah tidak mengonsumsi ASI lagi. Sosialisasi mengenai Pentingnya Minum Susu oleh mahasiswa KKN UNDIP berjalan lancar dan mendapat sambutan baik dari masyarakat karena memberikan pengetahuan baru terkait upaya pencegahan Stunting. Anak-anak di masing-masing dusun juga merasa senang karena mendapat susu kotak UHT gratis sebagai bentuk aksi nyata “Pentingnya Minum Susu”. Melalui kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih memperhatikan kondisi kesehatan pada anak karena Stunting saat ini masih menjadi permasalahan yang cukup serius.