UMKM Go Digital: Berkreasi di Instagram dengan Teknik Copywriting!

  • Aug 05, 2023
  • Imamah Areta Dewati
  • BERITA

Plelen, Batang (20/07/2023). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan di Universitas Diponegoro dan menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari dalam dunia nyata. Pada tahun ini, salah satu mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro fakultas Sekolah Vokasi Program Studi Bahasa Asing Terapan untuk berfokus pada UMKM "Jahe Merah Instan Ayu." Program kerja ini bertujuan untuk mempromosikan umkm lokal kepada masyarakat luas melalui platform instagram.

Kegiatan KKN dilaksanakan di Dusun Pancuran, Desa Plelen, Kec. Gringsing. Kegiatan ini dilakukan mulai dari tanggal 18 juli 2023. Di Desa Plelen sendiri terdapat banyak UMKM, mulai dari makanan dan minuman. Agar umkm Jahe Merah Instan Ayu dapat berkembang lebih baik lagi maka dibuatlah program untuk mempromosikannya. Program kerja ini bertujuan untuk menyebarkan informasi dan menambah pemasukan kepada salah satu UMKM secara lebih luas lagi. Selain itu, program kerja ini juga ingin mengajak masyarakat lokal untuk ikut membantu mengembangkan UMKM lokal.

Salah satu mahasiswa KKN telah membuat akun media sosial khusus untuk mempromosikan Jahe Merah Instan Ayu serta mempublikasikan semua kegiatan yang berlangsung menggunakan teknik copywriting. Adanya program kerja ini produk jahe merah instan lebih banyak diketahui oleh masyarakat ramai sehingga masyarakat merasa terbantu dan mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN. Keberhasilan program kerja ini juga memberikan semangat baru bagi masyarakat untuk terus berkarya dan menciptakan inovasi di bidang ekonomi lokal.

Program kerja ini telah menunjukkan betapa pentingnya peran mahasiswa dalam memberdayakan masyarakat lokal dan menciptakan dampak positif. Melalui kolaborasi dengan UMKM lokal, mahasiswa KKN berhasil mempromosikan Jahe Merah Instan Ayu ke khalayak ramai. Dengan demikian, program kerja ini menjadi contoh bagaimana inovasi dalam sistem promosi dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat lokal.